Di Lamar Kematian

Bismillahirrahmanirrahim


Assalamualaikum wr.wb



Hallo gengs, selamat malam minggu :)

Alhamdulillah di malam minggu yang cuacanya mendung mendung gimana gitu, yang pas banget sama suasana hati yang sendu-sendu tak karuan hehehe, eitsss.. Sendu bukan karena gakbisa malem minggu yaa.... Sendu kali ini karena tema yang akan kita bahas di artikel kali ini adalah jodoh. Ya, tepatnya jodoh yang pasti dan sangat dekat yaitu "kematian".


Menurut medis, ada tiga fase kematian, diantara nya :


1. Mati klinis
Apakah itu mati klinis ? Disebut mati klinis yaitu berhentinya pernapasan dan detak jantung seseorang. Fase dimana implus dari otak memudar ke panca indera dan tidak lagi bereaksi apa-apa. Ketika seseorang menjalani perawatan lalu mengalami kematian dan dipasangi alat-alat yang tersedia dirumah sakit, itu akan terlihat dimonitor bahwa bagaimana kurva itu bergerak, jika memang sudah tidak lagi bernyawa, kurva akan datar.
Lalu ada fase ketika near-death experience (NDE) atau mati suri (Mukjizat). Dimana keadaannya terbantu dan diberi kesempatan oleh ALLAH SWT, dengan bantuan pemberian napas buatan dan tindakan bantuan para dokter lainnya.


2. Mati Otak

Fase ini yaitu dimana otak bisa berhenti berfungsi. Jika biasanya otak berguna untuk berfikir sekarang sudah terhenti karena sudah tidak berfungsi selayaknya seseorang masih dalam keadaan hidup.


3. Mati Biologis

Mati biologis yaitu fase dimana kematian milyaran sel-sel tubuh. Cirinya yaitu timbulnya bercak-bercak di kulit seseorang yang sudah meninggal, lalu menjadi kaku seluruh tubuh.





Sudah dijelaskan di dalam Al-Qur'an yaitu :



كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۖ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ


Artinya : Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. (QS. Ali Imran 3:185)
Jodoh yang pasti dan paling dekat adalah kematian, siapapun tidak tahu kapan Allah akan memanggil kita untuk bertemu dan mempertanggung jawabkan semuanya di hadapan-Nya.

Akan tiba masanya dimana kita akan di lamar oleh malaikat maut
Menikah dengan kematian
Bercerai dengan dunia
Mahar yang didapat adalah sekarat
Memakai baju dari kain kafan
Pelaminan yang memiliki wangi gaharu cendana
Dibawa dan dilantunkan Adzan
Yang ada hanya tulisan nama di atas batu nisan
Tempat tidur diatas tanah
Mata akan tertutup selamanya
Nafas sudah tidak berhembus lagi
Bertemu dengan Malaikat Munkar dan Nakir
Akan terhimpit oleh tanah

Hijrah5

Dilamar kematian...
Wahai akhi dan ukhti...
Ketahuilah bahwa kematian adalah benar adanya. Bahwa kematian pun jaraknya dekat dengan kita. Bahwa kematian tidak menunggu taubat. Bahwa kematian tidak menunggu saat-saat dirimu siap.
Kematian tak memandang status sosialmmu, seberapa terkenalnya dirimu didunia yang fana ini.
Ketahuilah bahwa persinggahan pertama menuju akhirat adalah alam kubur. Salah satu tanda kiamat kecil adalah kematian.
Maka dari itu persiapkan lah jodoh yang pasti akan datang ini dengan memperbanyak amal dan perbuatan yang Allah sukai.
Berharap dan berdoalah kepada Allah agar Allah mengizinkan kita untuk meninggalkan dunia ini dengan cara husnul khatimah.

Husnul khatimah ? Husnul khatimah yaitu meninggal dalam keadaan yang terbaik.
Ikhtiar dalam meraih kematian dengan cara husnul khatimah :
1. Berdoa
Senjata orang mukmin adalah doa. Mau seberapa banyak dhosa yang telah dilakukan, berdoalah pada Allah agar tetap diampuni serta diwafatkan dalam keadaan husnul khatimah.
تَوَفَّنِي مُسْلِمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ

Artinya: “Wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang shaleh.”

2. Berdzikir
Senantiasa kita mengingat Allah SWT kapanpun dan dimanapu, sertakan dzikir untuk memperbanyak pahala, ketika berdzikir di perbanyak maka Allah akan selalu mengingat kita.

3. Istiqamah dalam menjaga keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT.
Menjauhi diri dari kemaksiatan, memaksimalkan diri dalam menjaga keimanan kita serta bertaqwa kepada Allah SWT.

4. Berusaha untuk memperbaiki diri lahir dan batin.
Ketika iman mulai turun, berusahalah untuk men-charge iman itu hingga diri bisa lebih baik dari sebelumnya. Tak perlu jauh-jauh lebih baik dari orang lain, tetapi perbaiki lah diri untuk lebih baik dari diri yang sebelumnya.
Semoga semakin kita mengingat kematian, semakin takut kita melakukan segala perbuatan yang Allah tidak sukai. Semoga setelah blog ini di publikasikan, saya sendiri sebagai penulis bisa terus dan terus memperbaiki diri serta mengingat dan hanya mengandalkan Allah dalam segala sesuatu, begitu pula pembaca, semoga yang membaca blog ini dapat diberi kelancaran dalam memperbaiki diri, serta bisa menjaga diri dari kemaksiatan. Semoga Allah mempertemukan kita didalam Syurga-Nya yang kenikmatannya melebihi kenikmatan didunia ini.
Selamat malam:)
Wassalamualaikum wr.wb....

8 komentar:

  1. Agak merinding gitu ya bacanya, astagfirullah, kematian itu pasti tidak bisa di hindari, belum tentu si jodoh yang bakal duluan datang ngelamar, bisa jadi si kematian yang duluan menjemput, artikelnya bagus yus! So good!

    BalasHapus
  2. MasyaAllah, semoga bisa membuat diri kita menjadi sadar akan kematian itu lebih dekat dari segalanya, makasih yaa infonya

    BalasHapus
  3. Kematian itu hal yang pasti ga bisa ditunda..pertanyaan sekarang apakah kita sudah mempersiapkan untuk bekal menuju mati. Makasi untuk ulasannya ukhti...sangat bermanfaat 😇👍

    BalasHapus
  4. wah terimakasih postingannya, ini mengingatkan saya untuk selalu istighfar

    BalasHapus
  5. MasyaAllah sekali postingannya 😊 semoga kita semua selalu mengingat kematian agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.. Aamiin

    BalasHapus
  6. Permisi...numpang lewat,buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
    kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
    || bbm : 55F97BD0 || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Mengulas Tata Ruang Perpustakaan Umum

Hallo blogger viewers... Di kesempatan kali ini, saya ingin membahas tentang Perpustakaan Umum.. Perpustakaan Umum ? Apa sih Perpus...

Popular Posts