"Hijrah jangan sendirian, kamu gak akan kuat"

Assalamualaikum wr.wb

Hallo teman-teman seperjuangan hijrah...
Kali ini saya akan membagi-kan postingan saya ini tentang kiat-kiat berhijrah


Hijrah3


Pengertian Istiqomah

Istiqamah berasal dari bahasa arab, Istiqama, Yastaqimu, Istiqamah, yang berarti tegak lurus. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Istiqamah berarti sikap teguh pendirian dan selalu konsekuen. Istiqamah menurut istilah yaitu tetap dalam pendirian yaitu ketetapan hati untuk selalu melaksanakan pekerjaan-oekerjaan yang baik atau ketetapan hati, tekun, dan terus menerus mengiatkan usahanya untuk mencapai cita-cita. Dalam konteks Islam, Istiqamah diartikan secara spesifik adalah sebuah komitmen dan konsisten dalam tauhid, ibadah, dan akhlak. 
Istiqamah dapat berarti lurus, benar, dan tetap pendirian. tetap pendirian atas suatu keyakinan yakni kebenaran ajaran Allah SWT dan melaksanakan segala ketentuan-Nya. Pengertian ini didasarkan pada ayat Alquran yang artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan 'Tuhan kami adalah Allah, kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka (istiqamah)', maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih." (QS 41:30).
Tentu saja di zaman yang semakin lama semakin tua ini, kita pasti tergoda akan nikmatnya duniawi. Padahal sudah jelas kita tahu bahwa dunia dan seisi nya hanyalah sementara, akhirat adalah kekal. Namun kita masih tetap saja menikmati dunia. Iya boleh menikmati dunia, tapi menikmati dunia bukan sekadar menikmati, tetapi menikmati dengan cara mencari bekal sebanyak-banyaknya untuk mempersiapkan diri menuju akhirat.
Rezeki, jodoh, umur dan segala sesuatunya Allah yang maha mengetahui, tetapi manusia hanya bisa berharap untuk diberikan keteguhan dalam mempersiapkan itu semua. Dalam hijrah sangat lah sulit untuk meng-istiqomah-kan diri. Apalagi kita yang masih jauh dari Illahi. Kita mencita-citakan diri untuk masuk dalam Syurga-Nya, tapi tingkah serta laku kita masih saja jauh dari kriteria untuk masuk Syurga. Kita meng-inginkan putih mengapa kita berada di jalan yang serba serbi dikelilingi warna hitam.
Jika memang dihati kalian sudah ada niat untuk berhijrah, jangan di kesampingkan niat baik itu, galih terus sampai niat itu terwujud dan nyata. Paksakan diri untuk melangkah dijalan yang lurus.


Kiat-kiat agar berhijrah

Hijrah7
1. Meluruskan niat

Segala sesuatu yang diawali dengan niat baik insyaAllah akan diberikan kemudahan. Dengan bermodalkan niat yang lurus mengharapkan Ridho Allah SWT. Karena setiap niat yang baik akan bernilai pahala di mata Allah.




Hijrah6
2. Berdoa

Segala sesuatu yang diawali niat baik dan berdoa, insyaAllah berjalan dengan sangat mudah. Usaha tanpa doa itu sia-sia. Seperti layaknya mengisi baterai handphone tanpa listrik, tidak akan penuh. Semakin yakin bahwa niat dan doa yang baik, akan mengantarkan pada tujuan yang baik. 

3. Memperbaiki Shalat
Hijrah4
Rukun Islam :
(1) Mengucapkan dua kalimat Syahadat
(2) Mendirikan Shalat
(3) Berpuasa pada bulan Ramadhan
(4) Mengeluarkan Zakat
(5) Menunaikan Haji jika mampu

Didalam rukun islam, telah jelas menerangkan untuk mendirikan shalat, karena Shalat salah satu pertanyaan yang akan di tanyakan pada saat di akhirat. Mulai lah memperbaiki shalat, shalat di tepat waktu, memperbaiki bacaan shalat, khusyuk dalam menjalankan shalat serta jadikan lah shalat sebagai tameng mu untuk selalu berharap kepada Allah.

4. Al-Qur'an
Al-Qur'an

Banyak sekali di antara kita yang terlalu memfokuskan diri pada gadget yang kita miliki, padahal kita tahu bahwa gadget atau benda lainnya tak akan membantu dan menolong kita pada hari kesaksian nanti, Al-Qur'an lah sebagai penolong serta penerang kita di alam kubur nanti. Al-Qur'an menjadikan diri kita untuk selalu dekat dan ingin semakin dekat dengan sang Illahi. Kenapa? Karena semua yang ada di dunia maupun akhirat nanti adalah jelas di terangkan didalam Al-Qur'an. Pandai-pandai lah berinteraksi dengan Al-Qur'an. Karena Al-Qur'an adalah pedoman umat Muslimin. Dan jangan mencari waktu luang untuk membaca Al-Qur'am, tapi jadikan setiap waktu luang mu untuk Al-Qur'an.

Hijrah2
5. Berteman dengan orang Shalih atau Shalihah




"Hijrah jangan sendirian, kamu gak akan kuat", layaknya rindu pada kalimat dilan "Jangan rindu, kamu gak akan kuat", hijrah pun gak akan kuat jika sendirian.
Minta sama Allah untuk dihadirkan teman hijrah yang selalu dan bisa membawa kita ke Jalan yang benar. Carilah teman-teman hijrah di majelis ta'lim, jika belum mampu mencari jadikan lah dirimu shalih/shalihah agar dapat membawa dampak positif kepada teman atau keluarga, jika belum mampu untuk mencari ajaklah teman mu untuk sama-sama berada di Jalan Allah.
"Jangan pisahkan diri dari Jama'ah, karena serigala akan menerkam kambing yang memisahkan diri dari Jama'ah" - Ustadz Abdul Somad, Lc. MA.

6. Berdzikir
Dzikir

Allah sangat menyukai hamba-hamba nya yang mengingat Allah dengan berdzikir, Nabi Muhammad sangat mencintai kaumnya yang memperbanyak shalawat untuknya. Teguhkan lah hatimu dengan selalu berdzikir dan bershalawat. Karena pada dasarnya Allah lah yang membolak-balik kan hati manusia.
يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ

Ya muqollibal quluub tsabbit qolbi ‘alaa diinik



Artinya : "Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkan hati kami di atas agama-Mu"

(HR. Tirmidzi 3533, Ahmad 4/302, Al-Hakim 1/525, Lihat Shohih Sunan Tirmidzi III no.2792).


27 komentar:

  1. Ya bnyak keuntungan dengan berhijrah..selain bnyak teman kita jg bs sharing tentang bagaimana menghargai orang lain..dan megetahui tentang agama..khusus y agama islam

    BalasHapus
  2. Masyaallah... semoga kita semua bisa istiqomah dalam taat kpd Allah amin

    BalasHapus
  3. Temenin aku hijrah dong kak..!

    BalasHapus
  4. Mudah²an kita semua selalu istiqomah,Aamiin

    BalasHapus
  5. Subhanallah suka❤

    BalasHapus
  6. Masya Allah bagus aku suka bikin terharu ❤

    BalasHapus
  7. masyallahh🙏🏻🙏🏻🙏🏻

    BalasHapus
  8. MasyaAllah.. Jadi pengen hijrah :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah, yuk ayuk hijrah, luruskan niat karena Allah, insyaAllah nikmat dihati dan perjalanan hidup bakal indah banget deh😊

      Hapus
  9. Semoga bisa selalu istigomah dalam semua hal yg baik dan bermanfaat.

    BalasHapus
  10. Wih ka makasi ya infonya, semoga aku bisa secepatnya berhijrah ya:')

    BalasHapus
  11. yap betul banget hijrah itu jangan sendirian ajak juga teman terdektnya agar sama sama selalu bukan hanya di dunia tetapi di akhirat

    BalasHapus
  12. Nice artikel kak. Makasi ya kak informasinya

    BalasHapus

Mengulas Tata Ruang Perpustakaan Umum

Hallo blogger viewers... Di kesempatan kali ini, saya ingin membahas tentang Perpustakaan Umum.. Perpustakaan Umum ? Apa sih Perpus...

Popular Posts