Kembali Meraih Prestasi UIN Jakarta Mendapat Bintang 3 QS Rating

Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Siapa yang belum mengenal UIN Jakarta?
Mungkin kurang up to date kalau nama UIN Jakarta masih belum ada yang mengenalnya.
UIN Jakarta kini kembali meraih prestasi dengan di peroleh nya Bintang 3 QS Rating.

Apasih QS Rating itu ?????
QS WORLD UNIVERSITY RANGKINGS




Perlu kita ketahui, QS World University Rankings adalah publikasi tahunan peringkat universitas yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS). Sebelum dikenal dengan nama QS World University Rankings, QS World University Rangkings terkenal dengan nama THE-QS World University Rangkings, bekerja sama dengan majalah Times Higher Education (THE) untuk menerbitkan tabel liga internasional dari tahun 2004-2009 sebelum keduanya mulai mengumumkan versi mereka sendiri. QS kemudian memilih untuk tetap menggunakan metodologi yang sudah ada sementara THE mengadopsi yang baru. Sistem QS bersama lina regional independen (Asia, Amerika Latin, Eropa, dan Asia Tengah, Wilayah Arabm dan BRICS) dan juga sekarang terdiri dari keseluruhan dan terdiri dari subjek peringkat global. Ini adalah satu-satunya peringkat internasional yang telah menerima persetujuan dari International Ranking Expert Group (IREG), dan dari jenis yang dipandang sebagai salah satu yang paling banyak dibaca, bersama dengan Academic Ranking of World Universities and Times Higher Education World University Rankings. Namun, alokasi beban yang tidak semestinya untuk indikator subjektif dan memiliki hasil yang sangat fluktuatif adalah kritik utama dari perangkingan ini.



Universitas mana yang tidak ingin dikenal dunia? Jawabannya adalah tidak ada. Universitas berlomba-lomba untuk meningkatkan prestasi nya melewati jalur-jalur yang mendunia atau pun men-Indonesia. Kini nama UIN Jakarta tersohor dan berpeluang untuk menjadi Perguruan Tinggi yang dapat di kenal oleh dunia, karena prestasi-prestasi yang telah di raih.

Ada 8 Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia yang termasuk dalam kategori bintang 3 QS Rating, diantaranya :

(1) Universitas Andalas

(2) Universitas Binus

(3) Universitas Telkom

(4) Universitas Udayana

(5) Universitas Islam Indonesia

(6) Universitas Pendidikan Indonesia

(7) Universitas Sumatera Utara

(8) Universitas Brawijiaya

Dalam sebuah konteks PTKI (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam), Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta adalah PTKI (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam) pertama yang memperoleh bintang 3 dari QS Rating.


Kabar yang sangat menggembirakan ini diterima melalui kiriman email resmi dari QS yang diterima oleh Kepala Pusat 2 LPM, Jejen Jaenuddin, Ph.D. Dalam email tersebut dinyatakan bahwa UIN Jakarta masuk Perguruan Tinggi yang berkatergori bintang 3 di Indonesia.

Nah, buat tahu informasi yang selengkapnya bisa kunjungi http://lpm.uinjkt.ac.id/


1 komentar:

Mengulas Tata Ruang Perpustakaan Umum

Hallo blogger viewers... Di kesempatan kali ini, saya ingin membahas tentang Perpustakaan Umum.. Perpustakaan Umum ? Apa sih Perpus...

Popular Posts