Perpustakaan Freedom

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
( Assalamualaikum wr.wb)


Perpustakaan Freedom1


    Alhamdulillah saya mempunyai kesempatan untuk menuangkan wawasan saya tentang Perpustakaan. Perpustakaan adalah sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan pembaca bukan untuk dijual, menurut Sulistyo Basuki (1991:3).

        Kali ini kita akan membahas tentang salah satu Perpustakaan yang ada di Jakarta yang begitu nyaman sebagai tempat untuk membaca, yaitu Perpustakaan Freedom. Awalnya Perpustakaan Freedom ini terletak di Jalan Proklamasi No.41. Tepat di sebrang Tugu Proklamasi terdapat Wisma Proklamasi. Lalu pindah karena gedung nya telah di jual. Perpustakaan  Freedom ini beroperasi kembali dan menempati ground floor Wisma Bakrie 1, Jl. H. R. Rasuna Said No. Kav X-6 No. 8, RT.16/RW.04, Kuningan, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, 12940.


Jam buka Perpustakaan Freedom :

Monday 09:00 - 17:00
Tuesday 09:00 - 17:00
Wednesday 09:00 - 17:00
Thursday 09:00 - 17:00
Friday 09:00 - 17:00
Saturday Closed
Sunday Closed

       Sebelum memasuki area Perpustakaan Freedom, kita harus memiliki kartu keanggotaan Perpustakaan. Syarat untuk menjadi anggota Perpustakaan yaitu sangat mudah, dengan mengisi biodata di formulir yang akan diberikan pustakawan diisi dengan lengkap, sesuai KTP (Kartu Tanda Penduduk). Setelah selesai, formulir diserahkan kepada pustakawan (penjaga perpustakaan), tidak memerlukan waktu yang lama, kartu anggota akan segera dapatkan. Pendaftarannya pun tidak di pungut biaya.

Kartu Anggota Perpustakaan Freedom

Bagaimana sih Perpustakaan Freedom itu ? Menurut saya sebagai pemustaka (orang yang berkunjung), Perpustakaan Freedom sudah memanjakan pemustakanya dengan desain atau tata ruang yang sangat nyaman digunakan untuk membaca. Pemilihan kursi atau tempat untuk duduk yang nyaman dan tidak membosankan. AC yang cukup memadai. Pemilhan warna yang menurut saya modern tapi terkesan klasik. 

Peraturan di Perpustakaan Freedom seperti layaknya perpustakaan pada umumnya, hal yang pertama yang tidak diperbolehkan yaitu tidak berisik, lalu tidak boleh membawa makanan dan minuman.
Peminjaman loker dilakukan dengan cara menitipkan KTP lalu memberikan tas kepada pustakawan di layanan sirkulasi. Setelah itu kita akan diberikan nomor untuk menukar kembali dengan tas kita setelah selesai berkunjung.

Mau tau gak sih lebih lanjut gimana Perpustakaan Freedom itu ? Yuk kita kepoin dengan cara berkunjung dan mengasa serta menambah wawasan kita dari membaca. Sekian penjelasan singkat tentang Perpustakaan Freedom yang sempat saya kunjungi pada pertengahan bulan Mei 2018. Semoga terdapat manfaat dalam tulisan ini. Wassamualaikum wr.wb.

6 komentar:

  1. Jadi mau ke sana.
    Boleh g yah bawa anak anak ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu aku kesana sih belum liat ada yang bawa anak-anak, tapi rekomendasi ke Perpustakaan Umum Daerah Jakarta Selatan di Jl. Gandaria Tengah V, Kebayoran Lama, itu ada khusus untuk anak-anaknya kak

      Hapus
  2. rekomen banget nih buat tempat tongkrongan orang orang yang suka membaca

    BalasHapus
  3. Bagus banget, kebetulan saya juga sudah pernah kesana, terima kasih infonya, semangat terus menulisnya

    BalasHapus
  4. Dulu pernah tau kalau perpustakaan freedom udah tutup tapi setelah baca ini ternyata udah buka lagi, jadi pinggin kesana

    BalasHapus
  5. Permisi...numpang lewat,buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
    kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
    || bbm : 55F97BD0 || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Mengulas Tata Ruang Perpustakaan Umum

Hallo blogger viewers... Di kesempatan kali ini, saya ingin membahas tentang Perpustakaan Umum.. Perpustakaan Umum ? Apa sih Perpus...

Popular Posts